FISIOLOGI KEHAMILAN





Manusia terbentuk sejak sebuah spermatozoa yang berasal dari sperma laki-Iaki menembus dan menyatu dengan telur atau  ovum wanita. Penyatuan itu dinamakan proses pembuahan atau fertilisasi dan menghasilkan zygote. Pada keadaan normal proses itu berlangsung di ujung saluran rahim (falloPian tube) dekat indung telur (ovarium, the ovary). Segera setelah proses fertilisasi terjadi, zygote mengalami pembelahan sel yang agresif sehingga berlangsung perubahan bentuk menjadi morula dan blastula yang bergerak menuju badan rahim (uterus). Pada hari ke-6 blastula melekat dan tertanam di salah satu bagian rahim, umumnya di bagian atas atau fundus. Mulai saat itu bakal manusia, yang pada saat itu dinamakan embryo tumbuhdi dalam dinding rahim. Selanjutnya, embrio yang membesar tumbuh di dalam rongga rahim (uterinecavity), sedangkan bagian yang tertanam di dinding rahim membentuk placenta yang berhubungan dengan embrio melalui tali ari (umbilical cord).
Menurut usia kehamilan, kehamilan dibagi menjadi :
1. Trimester pertama : 0 – 14 minggu
2. Trimester kedua : 14 - 28 minggu
3. Trimester ketiga : 28 - 42 minggu
Tanda atau gejala kehamilan dibagi menjadi gejala tidak pasti, tanda tidak pasti, dan tanda pasti kehamilan.
1. Gejala kehamilan tidak pasti : amenore, nausea, mengidam, konstipasi/obstipasi, pingsan dan mudah lelah, dan anoreksia
2. Tanda kehamilan tidak pasti : hiperpigmentasi kulit, leukore, epulis, payudara membesar dan menegang, abdomen membesar, suhu basal meningkat terus, dan perubahan organ dalam pelvic seperti tanda Chadwick, tanda Hegar (segmen bawah uterus lembek pada perabaan), tanda Piscaseck (uterus membesar ke salah satu sisi), tanda Braxton-Hicks (uterus berkontraksi bila dirangsang)
3. Tanda pasti kehamilan : palapasi terdapat bagian janin dan balotemen serta gerak janin, auskultasi terdengar bunyi jantung janin/ BJJ, USG dilihat gambaran bayi, pemeriksaan sinar-X tampak kerangka janin (tidak dilakukan dampak radiasi) (Mansjoer dkk, 2005).



Daftar Pustaka
Mansjoer,A., dkk, 2005. Kapita Selekta Kedokteran .Edisi ketiga Jilid 1 Cetakan Keenam., Jakarta : Media Aesculapius Fakultas kedokteran UI. Hal 261, 265-266, 375-376, 379.

Comment (1)

dalam rahim ibu ada kafe nya ya ???

Poskan Komentar